Tips Memilih Nama Domain

Tips-Memilih-Nama-Domain

Tips Memilih Nama Domain – Tidak semua pelaku bisnis online mengindahkan dalam pemilihan nama domain, tidak sedikit kita jumpai penamaan domain asal-asalan. Bisa jadi, karena terpengaruh oleh penyataan dari seorang William Shakespeare yang terkenal itu “apalah arti sebuah nama?” Coba Anda lihat di dunia ini, berapa banyak nama Brand-brand Internasional yang terkenal itu memilih nama yang pada akhirnya mudah diingat oleh masyarakat?  Brand besar seperti Toyota, Apple, Samsung apakah sebelumnya pendirinya memberikan nama asal-asalan?

Ternyata pemilihan nama itu penting untuk kelangsungan dan kelanggengan bisnis Anda. Tidak terkecuali adalah penamaan atau pemilihan nama domain untuk bisnis online Anda. Dalam pemilihan nama domain pada bisnis online Anda ini tidak hanya mengandalkan faktor bagus atau tidaknya nama yang nantinya Anda pilih. Namun, juga melihat ketersediaan nama domain pilihan tersebut di registrar domain atau tempat pendaftaran domain di internet. Registrar yang bisa Anda pilih sangat banyak salah satunya adalah Godaddy, Name, Namecheap dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Tips memilih nama domain yang bagus untuk bisnis online Anda adalah sebagai berikut:

  1. Nama domain mencerminkan Bisnis Online apa yang sedang Anda bangun.

Nama domain dapat dikombinasikan antara kata kunci dan branding atau merek saja ataupun hanya terdiri dari branding saja. Dengan melakukan optimasi terhadap kata kunci yang dibidik pada website Anda, tentunya bisnis online Anda akan segera menghasilkan.

  1. Pilihlah nama domain yang pendek dan mudah diingat

Dengan mempertimbangkan nama domain yang pendek dan mudah diingat, tentunya akan membantu branding nama domain Anda melekat di hati para pengunjung website Anda. Jangan juga menambahkan tanda – (minus) dalam penamaan domain Anda, karena hal ini akan membingungkan dan dapat berakibat fatal, karena bisa jadi kompetitor Anda juga menggunakan nama domain yang hampir sama ataupun mirip tetapi tidak menggunakan tanda -

  1. Memilih nama akhiran domain atau TLD .com

Khususnya di Indonesia, penamaan dengan akhiran domain atau TLD .com masih sangat terpatri dalam benak pelanggan di Indonesia. Dibandingkan dengan ketika Anda memilih akhiran domain yang lain seperti .net, .info, .co.id dan sebagainya. Merubah kebiasaan orang-orang Indonesia dalam mengakses sebuah situs internet tentunya akan lebih sulit dibandingkan dengan Anda yang menyesuaikan dengan kebiasaan orang-orang Indonesia.

  1. Selalu perpanjang nama domain

 Jangan sampai Anda kelupaan untuk memperpanjang nama domain yang sudah Anda bangun untuk kerajaan bisnis online. Perpanjangan nama domain biasanya dilakukan satu tahun sekali dengan biaya yang tidak terlalu mahal, sekitar $15 per tahunnya. Namun, jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk dan sering melupakan hal-hal yang kecil seperti perpanjangan domain, Anda bisa melakukan pengaturan pada saat pembelian domain ke auto renew.

  1. Kunci domain Anda

 Secara default, Registrar biasanya mengunci (lock) domain Anda untuk mencegah terjadinya pengambilalihan atau pencurian terhadap domain Anda.

Semoga tips memilih nama domain ini bermanfaat bagi Anda.